LAPORAN
PEMROGRAMAN DEKSTOP JAVA
DISUSUN OLEH
NIM
:
115410138
Nama
: Hermawan
LABORATORIUM TERPADU
SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN
DAN INFORMATIKA
AKAKOM YOGYAKARTA
2013/ 2014
PERTEMUAN KE – 8
APLIKASI SEDERHANA
A. PEMBAHASAn
Pada praktikum pertemuan ke-8
ini akan dibuat Aplikasi Sederhana. Dengan nama file LatihanResponsi. Mencoba soal responsi tahun lalu.
Program terdiri dari berbagai kelas yaitu :
Kelas variabel
package pertemuan8; Ã Nama Paket program Yaitu pertemuan8
/**
*
* @author Student
*/
public class Variabel { Ã Nama Kelas yaitu Variabe
private String
nama;
private String
nomhs;
private float tugas;
private float uas;
private float
uts;
KETERANGAN
Semua variable
adalah private
/**
* @return the nama
*/
public String getNama() {
return nama;
}
KETERANGAN
Method mendapatkan (get) nama ,
dengan perintah return nama, yang berfungsi sebagai pengembalian nilai
hasil yang
akan digunakan oleh prosedur main dan prosedur main akan
menampilkan
/**
* @param nama the nama to set
*/
public void setNama(String nama) {
this.nama = nama;
}
KETERANGAN
Perintah Yang digunakan
untuk mengeset nama yang bertipe String
/**
* @return the nomhs
*/
public String getNomhs() {
return nomhs;
}
//Method mendapatkan (get) nomhs ,
dengan perintah return nomhs,
yang berfungsi sebagai pengembalian nilai hasil yang
akan digunakan oleh prosedur main dan prosedur main akan menam
public void setNomhs(String nomhs) {
this.nomhs = nomhs;
}
/**
* @return the tugas
*/
//Perintah Yang digunakan
untuk mengeset nomhs yang bertipe String
public float getTugas() {
return tugas;
}
//
Method mendapatkan (get) tugas , dengan perintah
return tugas, yang berfungsi sebagai pengembalian nilai
hasil yang
akan digunakan oleh prosedur main dan prosedur main akan
menampilkan hasilnya.
public void setTugas(float tugas) {
this.tugas = tugas;
}
//Perintah Yang digunakan
untuk mengeset tugas yang bertipe float
/**
* @return the uas
*/
public float getUas() {
return uas;
}
//Method mendapatkan (get) uas ,
dengan perintah return uas, yang berfungsi sebagai pengembalian nilai
hasil yang
akan digunakan oleh prosedur main dan prosedur main akan
/**
* @param uas the uas to set
*/
public void setUas(float uas) {
this.uas = uas;
}
// Perintah Yang digunakan
untuk mengeset uas yang bertipe float
/**
* @return the uts
*/
public float getUts() {
return uts;
}
// Method mendapatkan (get)
uts , dengan perintah return uts, yang berfungsi sebagai pengembalian nilai hasil yang akan digunakan oleh prosedur main dan prosedur main
akan menampilkan hasilnya.
/**
* @param uts the uts to set
*/
public void setUts(float uts) {
this.uts = uts;
}
}
// Perintah Yang digunakan
untuk mengeset uas yang bertipe float
Penejelasan :
Perintah
Return Digunakan untuk mengirimkan
nilai atau nilai dari suatu fungsi kepada fungsi yang lain yang memanggilnya.
Pernyataan return … diikuti oleh argumen yang berupa nilai yang akan
dikirimkan. fungsi return adalah nama fungsi yang dapat mengembalikan nilai,
dikarenakan nilai hasil dari parameter formal
akan disimpan pada nama fungsi. Digunakan untuk mengirimkan nilai atau nilai dari
suatu fungsi kepada fungsi yang lain yang memanggilnya. Yang di maksut nilai disini adalah variable yang di
deklarasi yaitu nama, nomhs, tugas, uas,
uts. Yang akan di kembalikan ke prosedur main yang ada di fmenu.
Tampilan form di Fmenu
Coding Form Fmenu
public class FUtama extends javax.swing.JFrame
{
private Variabel vr; //
Merupakan Variabel vr
/** Creates new form FUtama */
public FUtama() {
initComponents();
vr = new Variabel(); //
merupakan variabel vr untuk memanggil kelas variabel.
}
private void btnTutupActionPerformed(java.awt.event.ActionEvent
evt) {
// TODO add your handling code here:
JOptionPane.showMessageDialog(this, "Terima Kasih");
// Merupakan Perintah Massage atau pesan, yaitu Terima
Kasih
System.exit(0); //
Merupakan perintah untuk tutup ( exit)
}
private void menuDataPribadiActionPerformed(java.awt.event.ActionEvent
evt) {
// TODO add your handling code here:
new
FDataPribadi(vr).setVisible(true);
// Penjelasan perintah diatas. pada perintah “new FDataPribadi
(vr)”. Berfungsi untuk memanggil
form FdataPribadi di jalankan. Dan perintah “setVisible(true)” berfungsi untuk membuka form FDataPribadi secara modelless.
Maksudnya adalah form FDataPribadi akan aktif secara
bersamaan dengan form FMenu sehingga user dapat mengakses form FMenu walaupun
form FdataPribadi belum ditutup.
}
private void menuDataNilaiActionPerformed(java.awt.event.ActionEvent
evt) {
// TODO add your handling code here:
new FMasukan(vr).setVisible(true);
}
// Penjelasan
perintah diatas.
pada perintah “new FMasukan
(vr)”.berfungsi untuk memanggil form FMasukan di jalankan. Dan perintah “setVisible(true)” berfungsi untuk membuka form FMasukan secara modelless. Maksudnya adalah form FMasukan akan aktif secara bersamaan dengan form FMenu sehingga user dapat mengakses form
FMenu walaupun form FMasukan belum ditutup.
private void
menuDataTampilanActionPerformed(java.awt.event.ActionEvent evt) {
// TODO add your handling code here:
new FTampilan(vr).setVisible(true);
// Penjelasan
perintah diatas.
pada perintah “new FTampilan(vr)”.berfungsi untuk memanggil form FTampilan di jalankan. Dan perintah “setVisible(true)” berfungsi untuk membuka form FTampilan secara modelless.
Maksudnya adalah form FTampilan akan aktif
secara bersamaan dengan form FMenu sehingga user dapat mengakses form
FMenu walaupun form FTampilan belum
ditutup.
|
Tampilan From FdataPribadi
Coding Form FdataPribadi
package pertemuan8;
/**
*
* @author
Student
*/
public class FDataPribadi extends javax.swing.JFrame {
private
Variabel vr; //
Merupakan Variabel vr , merupakan private yang berarti program tersebut hanya
untuk kelas/ form FdataPribadi
/** Creates
new form FDataPribadi */
public FDataPribadi (Variabel variabel) {
initComponents();
vr
=variabel; // variabel vr sama dengan variabel
}
private void
btnTutupMouseClicked(java.awt.event.MouseEvent evt) {
// TODO
add your handling code here:
vr.setNama(txtNama.getText()); // vr yaitu variabel untuk mengeset Nama,
dengan txtnama untuk mendapatkan text yang bertipe String.
vr.setNomhs(txtNomer.getText());// vr yaitu
variabel untuk mengeset Nomhs, dengan txtNomer untuk mendapatkan text yang bertipe String.
dispose(); // perintah dispose ( ) berfungsi
untuk mengalokasikan program.
}
|
Tampilan From FdataPribadi
Coding Form FMasukan
private void
btnTutupActionPerformed(java.awt.event.ActionEvent evt) {
// TODO add your handling code here:
vr.setTugas
(Float.parseFloat(txtTugas.getText()));
// vr yaitu variabel untuk mengeset Tugas, yang bertipe
float, dengan txtTugas untuk mendapatkan text.
vr.setUts
(Float.parseFloat(txtUts.getText()));
// vr yaitu variabel untuk mengeset Uts, yang bertipe
float, dengan txtUts untuk mendapatkan text.
vr.setUas
(Float.parseFloat(txtUas.getText()));
// vr yaitu variabel untuk mengeset Uas, yang bertipe
float, dengan txtUas untuk mendapatkan
text.
dispose();
// perintah dispose ( ) berfungsi untuk mengalokasikan
program.
}
|
Coding Form FTampilan
public class
FTampilan extends javax.swing.JFrame {
private Variabel vr; // Merupakan Variabel vr , merupakan private yang berarti program tersebut hanya untuk kelas/ form
FTampilan
/** Creates new form FTampilan */
public FTampilan( Variabel variabel) {
initComponents();
vr = variabel; // vr sama dengan variabel
txtNama.setText(vr.getNama());
// Program di atas berfungsi sebagai
pengambilan isian dari method Nama ,
yang ada di form FdataPribadi
txtNomer.setText(vr.getNomhs());
// Program di atas berfungsi sebagai pengambilan isian
dari method Nomhs , yang ada di
form FdataPribadi
txtTugas.setText(String.valueOf(vr.getTugas()));
// Program di atas bersunfungsi sebagai pengambilan
isian dari method Tugas , yang ada di
form FMasukan
txtUts.setText(String.valueOf(vr.getUts()));
// Program di atas berfungsi sebagai pengambilan isian
dari method Uts , yang ada di form FMasukan
txtUas.setText(String.valueOf(vr.getUas()));
// Program di atas berfungsi sebagai pengambilan isian
dari method Uas, yang ada di form
FMasukan
txtAkhir.
setText(String.valueOf((vr.getTugas()+vr.getUts()+vr.getUas())/3));
}
// Promgram diatas berfungsi untuk
menghitung tugas Akhir, yang diproleh dari pengelokasian method Tugas, method
Uts, method Uas dinbagi 3
|
B. TUGAS
1.
Fungsi getText
tidak digunakan dalam class JPasswordField karena method getText berfungsi
mengambil baris string pada suatu textField berdasarkan karakter yang
diinputkan. Sedangkan sebuah password merupakan baris string dengan karakter
tertentu yang sama dan tidak terbaca secara textual (karena berupa karakter
tertentu maka tidak membentuk sebuah kata atau tulisan). Untuk itu pada class
JPasswordField yang diambil adalah nilai yang diinputkan menggunakan method
getPassword().
2.
Fungsi valueOf
adalah mengambil sebuah nilai dari suatu variabel tertentu, sedangkan fungsi
compareTo adalah membandingkan nilai sebuah variabel dengan variabel lain.
C.
KESIMPULAN
Suatu
program Aplikasi dibuat dengan cara memudahkan user dalam menjalankan form yang
ada di dalamnya. Di dalam aplikasi tersebut perlu dibuat pengaturan hak akses
tentang boleh tidaknya user untuk mengakses suatu form dari aplikasi yang
dibuat. Pengaturan hak akses yang paling mendasar adalah dengan memberikan nama
user dan password untuk masuk ke dalam aplikasi. User dan password yang benar
lalu akan diverifikasi dengan user dan password yang diinputkan dimana jika
cocok maka user dapat mengakses aplikasi tersebut.
D.
LISTING
0 komentar:
Posting Komentar