6/19/2013

APLIKASI SEDERHANA

LAPORAN
PEMROGRAMAN DEKSTOP JAVA

DISUSUN OLEH
NIM       : 115410138
Nama   : Hermawan
                                                                                                     
LABORATORIUM TERPADU
SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN DAN INFORMATIKA
AKAKOM YOGYAKARTA

2013/ 2014


PERTEMUAN KE – 8
APLIKASI SEDERHANA
A.  PEMBAHASAn
                 Pada praktikum pertemuan ke-8 ini akan dibuat Aplikasi Sederhana. Dengan nama file LatihanResponsi. Mencoba soal responsi tahun lalu.
Program terdiri dari berbagai kelas yaitu :
Kelas variabel
package pertemuan8; à Nama Paket program Yaitu pertemuan8

/**
 *
 * @author Student
 */
public class Variabel { à Nama Kelas yaitu Variabe

private String nama;
private String nomhs;
private float tugas;
private float uas;



private float uts;

KETERANGAN

Variabel nama dan nomhs dengan tipe String, variabel tugas, uas, uts dengan tipe float
Semua variable  adalah private
    /**
     * @return the nama
     */
    public String getNama() {
        return nama;
    }
KETERANGAN
Method mendapatkan (get) nama , dengan perintah return nama, yang berfungsi sebagai pengembalian nilai hasil yang akan digunakan oleh prosedur main dan prosedur main akan menampilkan 

/**
     * @param nama the nama to set
     */

    public void setNama(String nama) {
        this.nama = nama; 
    }
KETERANGAN
Perintah Yang digunakan untuk mengeset  nama yang bertipe String
/**
     * @return the nomhs
     */
    public String getNomhs() {
        return nomhs;
    }
//Method mendapatkan (get) nomhs , dengan perintah return nomhs, yang berfungsi sebagai pengembalian nilai hasil yang akan digunakan oleh prosedur main dan prosedur main akan menam

public void setNomhs(String nomhs) {
        this.nomhs = nomhs;
    }

    /**
     * @return the tugas
     */
//Perintah Yang digunakan untuk mengeset  nomhs yang bertipe String
 public float getTugas() {
        return tugas;
    }
//
Method mendapatkan (get) tugas , dengan perintah return tugas, yang berfungsi sebagai pengembalian nilai hasil yang akan digunakan oleh prosedur main dan prosedur main akan menampilkan hasilnya.

public void setTugas(float tugas) {
        this.tugas = tugas;
    }
//Perintah Yang digunakan untuk mengeset  tugas yang bertipe float

/**
     * @return the uas
     */

    public float getUas() {
        return uas;
    }
//Method mendapatkan (get) uas , dengan perintah return uas, yang berfungsi sebagai pengembalian nilai hasil yang akan digunakan oleh prosedur main dan prosedur main akan

/**
     * @param uas the uas to set
     */

    public void setUas(float uas) {
        this.uas = uas;
    }
// Perintah Yang digunakan untuk mengeset  uas yang bertipe float

    /**
     * @return the uts
     */
    public float getUts() {
        return uts;
    }
// Method mendapatkan (get) uts , dengan perintah return uts, yang berfungsi sebagai pengembalian nilai hasil yang akan digunakan oleh prosedur main dan prosedur main akan menampilkan hasilnya.

/**
     * @param uts the uts to set
     */
    public void setUts(float uts) {
        this.uts = uts;
    }
}
// Perintah Yang digunakan untuk mengeset  uas yang bertipe float

Penejelasan :
Perintah Return Digunakan untuk mengirimkan nilai atau nilai dari suatu fungsi kepada fungsi yang lain yang memanggilnya. Pernyataan return … diikuti oleh argumen yang berupa nilai yang akan dikirimkan. fungsi return adalah nama fungsi yang dapat mengembalikan nilai, dikarenakan nilai hasil dari parameter  formal akan disimpan pada nama fungsi. Digunakan untuk mengirimkan nilai atau nilai dari suatu fungsi kepada fungsi yang lain yang memanggilnya. Yang di maksut nilai disini adalah variable yang di deklarasi yaitu nama, nomhs,  tugas, uas, uts. Yang akan di kembalikan ke prosedur main yang ada di fmenu.


Tampilan form di Fmenu
Coding Form Fmenu
public class FUtama extends javax.swing.JFrame {
    private Variabel vr; // Merupakan Variabel vr  

    /** Creates new form FUtama */
    public FUtama() {
        initComponents();
        vr = new Variabel(); // merupakan variabel vr untuk memanggil kelas variabel.
    }
private void btnTutupActionPerformed(java.awt.event.ActionEvent evt) {
        // TODO add your handling code here:
      JOptionPane.showMessageDialog(this, "Terima Kasih");
 // Merupakan Perintah Massage atau pesan, yaitu Terima Kasih
        System.exit(0); // Merupakan perintah untuk tutup ( exit)
    }


    private void menuDataPribadiActionPerformed(java.awt.event.ActionEvent evt) {
        // TODO add your handling code here:

        new  FDataPribadi(vr).setVisible(true);
 // Penjelasan perintah diatas. pada perintah  new  FDataPribadi (vr)”. Berfungsi untuk memanggil form FdataPribadi   di jalankan. Dan perintah “setVisible(true)” berfungsi untuk membuka form FDataPribadi secara modelless. Maksudnya adalah form FDataPribadi akan aktif secara bersamaan dengan form FMenu sehingga user dapat mengakses form FMenu walaupun form FdataPribadi belum ditutup.
    }

    private void menuDataNilaiActionPerformed(java.awt.event.ActionEvent evt) {
        // TODO add your handling code here:
        new FMasukan(vr).setVisible(true);
    }

   //  Penjelasan perintah diatas. pada perintah  new  FMasukan (vr)”.berfungsi untuk memanggil form FMasukan  di jalankan. Dan perintah “setVisible(true)” berfungsi untuk membuka form FMasukan secara modelless. Maksudnya adalah form FMasukan akan aktif secara bersamaan dengan form FMenu sehingga user dapat mengakses form FMenu walaupun form FMasukan belum ditutup.

    private void menuDataTampilanActionPerformed(java.awt.event.ActionEvent evt) {
        // TODO add your handling code here:
        new FTampilan(vr).setVisible(true);

   //  Penjelasan perintah diatas. pada perintah  new FTampilan(vr)”.berfungsi untuk memanggil form FTampilan  di jalankan. Dan perintah “setVisible(true)” berfungsi untuk membuka form FTampilan secara modelless. Maksudnya adalah form FTampilan akan aktif secara bersamaan dengan form FMenu sehingga user dapat mengakses form FMenu walaupun form FTampilan  belum ditutup.
Tampilan From FdataPribadi
Coding Form FdataPribadi
package pertemuan8;

/**
 *
 * @author Student
 */
public class FDataPribadi extends javax.swing.JFrame {
    private Variabel vr;  // Merupakan Variabel vr  , merupakan private yang berarti program tersebut hanya untuk kelas/ form FdataPribadi

    /** Creates new form FDataPribadi */

    public FDataPribadi (Variabel  variabel) {

        initComponents();
        vr =variabel; // variabel vr sama dengan  variabel
    }

private void btnTutupMouseClicked(java.awt.event.MouseEvent evt) {
        // TODO add your handling code here:
vr.setNama(txtNama.getText()); // vr yaitu variabel untuk mengeset Nama, dengan txtnama untuk mendapatkan text yang bertipe String.
vr.setNomhs(txtNomer.getText());// vr yaitu variabel untuk mengeset Nomhs, dengan txtNomer  untuk mendapatkan text yang bertipe String.
dispose(); // perintah dispose ( ) berfungsi untuk mengalokasikan program.
    }
Tampilan From FdataPribadi
Coding Form FMasukan
private void btnTutupActionPerformed(java.awt.event.ActionEvent evt) {
 // TODO add your handling code here:
 vr.setTugas (Float.parseFloat(txtTugas.getText()));
// vr yaitu variabel untuk mengeset Tugas, yang bertipe float, dengan txtTugas untuk mendapatkan text.
 vr.setUts (Float.parseFloat(txtUts.getText()));
// vr yaitu variabel untuk mengeset Uts, yang bertipe float, dengan txtUts untuk mendapatkan text.
 vr.setUas (Float.parseFloat(txtUas.getText()));
// vr yaitu variabel untuk mengeset Uas, yang bertipe float, dengan txtUas  untuk mendapatkan text.
 dispose();
// perintah dispose ( ) berfungsi untuk mengalokasikan program.
}
Tampilan From FdataPriba
Coding Form FTampilan
public class FTampilan extends javax.swing.JFrame {
    private Variabel vr; // Merupakan Variabel vr  , merupakan private yang berarti program tersebut hanya untuk kelas/ form FTampilan

    /** Creates new form FTampilan */
    public FTampilan( Variabel variabel) {
        initComponents();
        vr = variabel; // vr sama dengan variabel
        txtNama.setText(vr.getNama());
 // Program di atas berfungsi sebagai pengambilan isian dari  method Nama , yang ada di form  FdataPribadi
        txtNomer.setText(vr.getNomhs());
// Program di atas berfungsi sebagai pengambilan isian dari method  Nomhs , yang ada di form  FdataPribadi
        txtTugas.setText(String.valueOf(vr.getTugas()));
// Program di atas bersunfungsi sebagai pengambilan isian dari method  Tugas , yang ada di form  FMasukan
        txtUts.setText(String.valueOf(vr.getUts()));
// Program di atas berfungsi sebagai pengambilan isian dari method Uts , yang ada di form  FMasukan
        txtUas.setText(String.valueOf(vr.getUas()));
// Program di atas berfungsi sebagai pengambilan isian dari method Uas, yang ada di form  FMasukan
        txtAkhir. setText(String.valueOf((vr.getTugas()+vr.getUts()+vr.getUas())/3));
    }
         // Promgram diatas berfungsi untuk menghitung tugas Akhir, yang diproleh dari pengelokasian method Tugas, method Uts, method Uas dinbagi 3


B.  TUGAS

1.      Fungsi getText tidak digunakan dalam class JPasswordField karena method getText berfungsi mengambil baris string pada suatu textField berdasarkan karakter yang diinputkan. Sedangkan sebuah password merupakan baris string dengan karakter tertentu yang sama dan tidak terbaca secara textual (karena berupa karakter tertentu maka tidak membentuk sebuah kata atau tulisan). Untuk itu pada class JPasswordField yang diambil adalah nilai yang diinputkan menggunakan method getPassword().

2.      Fungsi valueOf adalah mengambil sebuah nilai dari suatu variabel tertentu, sedangkan fungsi compareTo adalah membandingkan nilai sebuah variabel dengan variabel lain.



C.   KESIMPULAN

Suatu program Aplikasi dibuat dengan cara memudahkan user dalam menjalankan form yang ada di dalamnya. Di dalam aplikasi tersebut perlu dibuat pengaturan hak akses tentang boleh tidaknya user untuk mengakses suatu form dari aplikasi yang dibuat. Pengaturan hak akses yang paling mendasar adalah dengan memberikan nama user dan password untuk masuk ke dalam aplikasi. User dan password yang benar lalu akan diverifikasi dengan user dan password yang diinputkan dimana jika cocok maka user dapat mengakses aplikasi tersebut.

D.   LISTING
      Terlampir



0 komentar:

Posting Komentar