4/11/2013

PENGGUNAAN KOMPONEN DASAR


LAPORAN
PEMROGRAMAN DEKSTOP JAVA

DISUSUN OLEH
NIM       : 115410138
Nama   : Hermawan
                                                                                                     
LABORATORIUM TERPADU
SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN DAN INFORMATIKA
AKAKOM YOGYAKARTA
2013/ 2014



PERTEMUAN KE-1
PENGGUNAAN KOMPONEN DASAR



A.  PEMBAHASAN


Penjelasan Program 

·         package Pertemuan1;  à merupakan java package program yang akan di buat

·         import java.text.*;  à digunakan untuk pemanggilan data yang akan dimasukkan

·         import javax.swing.JOptionPane; à untuk melakukan format penulisan angka dengan pemisah ribuan

·         public class FHitung extends javax.swing.JFrame {   à Nama kelas Program yaitu Fhitung

·         private void btnHitungActionPerformed(java.awt.event.ActionEvent evt) {  àuntuk membuat action pada hitung agar dapat dijalankan

·         float jumlah= Float.parseFloat(txtHarga.getText()) * àuntuk pemanggilan hitung dalam program

·         Float.parseFloat(txtQty.getText());à untuk menjalankan jumlah banyak yang dimasukkan dalam program

·         TOTAL.setText(Float.toString(jumlah)); à untuk pemanggilan total dalam program agar dapat dihitung

·         DecimalFormat angka= new DecimalFormat("###,###");àuntuk menampilkan angka-angka decimal dalam program

·         TOTAL.setText("TOTAL: Rp."+angka.format(jumlah)); àuntuk menampilkan jumlah total harga yang sudah dimasukkan


 
Penjelasan Program 



·         private void btnKeluarActionPerformed(java.awt.event.ActionEvent evt) {à untuk membuat action keluar dalam program
·         JOptionPane.showMessageDialog(this, "Terima Kasih Sudah Membeli "+ txtBarang.getText()); à untuk menampilkan teks message dalam program apabila di klik tombol keluar dan menandai bahwa barang tersebut sudah di bayar.
·         System.exit(0); àuntuk pemanggilan keluar dalam program.












Penjelasan Program

·         private void btnHitungActionPerformed(java.awt.event.ActionEvent evt) à nama BattonHitung untuk mengesekusi program
·         try à script ini digunakan untuk program yang masuk
·         {float hasil =Float.parseFloat (txtB.getText())*Float.parseFloat (txtB.getText())-
Float.parseFloat (txtA.getText())*Float.parseFloat (txtC.getText()); à Untuk menjalakan hasil perhitungan Ditreminan ( yaitu dengan rumus D= b² -a* c)
·         lblA.setText(""+ hasil); à menampilkan hasil ke lbl A

·         if (hasil== 0)
{                                                                 Jika hasil sama dengan nol (D =0) maka hasil dari lblB.setText("Akar Kembar");               lblB adalah “Akar kembar”
}
·         if (hasil > 0)
{                                                                 Jika hasil sama dengan nol (D  > 0) maka hasil dari
lblB.setText("Akar X1, X2");                 lblB adalah “Akar X1, X2”
}
·         if (hasil < 0)                                                 Jika hasil sama dengan nol (D  < 0) maka hasil dari
{                                                                            lblB adalah “Akar Imajiner”
lblB.setText("Akar Imajiner");}}

·         catch (Exception ex){ à scipt pasangan dari try, digunakan apabila program tidak sesuai dengan scipt diatas maka akan keluar massage

·         JOptionPane.showMessageDialog(this," Salah Masukan Input");}} à pesan Salah Masukkan Input

·         private void btnTutupActionPerformed(java.awt.event.ActionEvent evt)
·         {System.exit(0); à untuk pemanggilan keluar dalam program
·         }





b.  TUGAS




a.    Saat diklik Pindah







Penjelasan Program

·         private void btnPindahActionPerformed(java.awt.event.ActionEvent evt) {  à action batton untuk memindahkan kota                                        
·         String nama=txtAsal.getText();à txtAsal untuk mengisi form Asal yang bertipe String dengan variable peubah yaitu nama
·         txtTujuan.setText(nama); à  txtTujuan yang menampilkan / mengeset dengan variable nama
·         txtAsal.setText("");à menampilkan tujuan

b. Saat diklik Kwadratkan


Penjelsan Program


·         private void btnKuadratActionPerformed(java.awt.event.ActionEvent evt) {à action
batton untuk menghitung kuadrat                                           
·         int kuadrat = Interger.parseInt(txtAngkaAwal.getText())*
interger.parseInt(txtAngkaAwal.getText()) à penjabaran scipt dari rumus Angka Awal * AngkaAwal (x*x)
·         txtHasil.setText(Integer.toString(kuadrat));}à menampilkan hasil dari kuadrat





Hasil Output :




C.  LISITNG




0 komentar:

Posting Komentar