11/07/2012

Kelas Dan Obyek I




MODUL 15
KELAS DAN OBYEK I

A.   DASAR TEORI

      Kelas dalam java bisa dianalogikan dalam kehidupan sehari-hari sebagai sebuah kelompok yang mempunyai sifat dan tingkah laku yang serupa atau secara umum serupa. Kelompok di sini dapat kelompok benda maupun makluk hidup. Misal orang, mobil, motor, sepeda, ayam, kucing, bunga.

a.    Mendeklarasikan sebuah kelas
Pada bagian ini, kita akan membahas kelas secara luas. Termasuk atribut-atribut dan segala yang berkaitan dengan kelas yang ada di dalamnya. Mari kita perhatikan definisi kelas berikut.

class KelasKu {
    //deklarasi field, konstruktor dan method
}

Itu adalah sebuah deklarasi kelas dengan nama KelasKu. Deklarasi ini sudah sering kita buat sebelumnya dengan menambah kata kunci public diawalnya. Isi dari kelas (daerah antara dua tkita kurung kurawal) berisi semua kode yang disediakan untuk obyek yang diciptakan dari kelas, yaitu konstruktor untuk inisialisasi obyek baru, deklarasi field yang menetapkan keadaan kelas dan obyeknya dan method untuk mengimplementasikan lingkungan dari kelas dan obyeknya.
Secara umum, deklarasi kelas dapat termasuk komponen-komponen
1.  Modifier seperti public, private dan modifier yang lain yang akan kita bicarakan kemudian.
2.  Nama kelas, dengan diawali huruf besar sebagai kesepakatan.
3.  Nama dari induk kelasnya (superclass), jika ada, diawali dengan kata kunci extends. Sebuah kelas hanya boleh mempunyai  satu induk
4.  Daftar interface (dipisahkan dengan tkita koma) yang akan diimplementasikan dalam kelas, jika ada, diawali dengan kata kunci implements. Sebuah kelas boleh mengimplementasikanlebih dari satu interface
5.  Isi dari kelas yang diawali dan diakhiri dengan tanda kurung kurawal buka dan tutup { }
Bagian yang tidak kalah pentingnya adalah deklarasi variabel anggota. Ada beberapa macam variabel yang ada di bagian ini.
·         Variabel anggota dalam sebuah kelas – ini disebut fields. Fields ini terletak di luar method. Dan bisa diakses dai method dengan menggunakan referensi ke kelas yang memiliki field tersebut (dengan memperhatikan aturan akses modifier)
·         Variabel dalam sebuah method atau blok kode – ini disebut variabel lokal.  Variabel ini biasanya hanya digunakan selama method itu dikerjakan. Sehingga tidak perlu diakses dari luar method. Bahkan variabel yang ada di dalam blok bisa diakses dari blok itu saja.
·         Variabel dalam deklarasi method – ini disebut parameter. Parameter sudah pernah dibahas panjang lebar pada bagian sub program
Deklarasi field terdiri dari 3 komponen
  1. Tidak ada atau ada modifier, seperti public atau private. Sebenarnya dengan tanpa menuliskan modifier, maka kita membuat deklarasi field tersebut sebagai default.
  2. Tipe field. Pada perkembangan pembahasan selanjutnya, tipe ini bisa saja bukan hanya tipe sederhana tetapi tipe yang kompleks.
  3. Nama field. Dalam pembuatan nama, aturan penamaan harus diikuti. Dan sangat dianjurkan untuk menggunakan huruf kecil sebagai huruf pertama.

Akses Modifier

Modifier pertama (paling kiri) yang digunakan menyebabkan kita bisa mengontrol apakah kelas-kelas lain mempunyai akses ke field anggota. Kita akan memfokuskan pada pembahasan public dan private saja, modifier yang lain akan dibicarakan lebih lanjut pada pembahasan mengenai pemrograman berorientasi obyek.
Modifier public — field ini bisa diakses dari semua kelas.
Modifier private —field ini hanya bisa diakses dalam kelas itu sendiri.

Tipe dan Nama Variabel

Semua variabel harus mempunyai tipe. Kita bisa menggunakan tipe primitif seperti int, float, boolean dan lain-lain. Atau kita bisa menggunakan tipe referensi seperti larik, string atau bahkan obyek sekalipun.

      Semua variabel, apakah itu field-field, variabel lokal atau parameter mengikuti aturan penamaan yang sama dengan kesepakatan yang berlaku tentang penamaan variabel

Aturan dan konvensi penamaan yang sama digunakan untuk method, nama kelas, kecuali
Huruf pertama nama kelas harus kapital dan
Kata pertama (atau hanya) dalam nama method harus kata kerja.
Menyediakan Konstruktor untuk kelas-kelas
Sebuah kelas berisi konstruktor yang dilibatkan untuk menciptakan obyek dari desain kelas. Deklarasi konstruktor nampak seperti deklarasi method – kecuali bahwa konstruktor menggunakan nama yang sama dengan nama kelas dan tidak mempunyai tipe kembalian. Sebagai contoh, PersegiPanjang mempunyai satu konstruktor
    public PersegiPanjang(int panjangAwal, int lebarAwal) {
        panjang = panjangAwal;
        lebar = lebarAwal;
    }

Untuk menciptakan sebuah obyek PersegiPanjang baru yang diberi nama persegi, sebuah konstruktor dipanggil dengan operator new.

PersegiPanjang persegi = new PersegiPanjang(30, 8);

new PersegiPanjang(30, 8) menciptakan ruangan dalam memori untuk obyek dan menginisialisasi fieldnya.
Meskipun PersegiPanjang hanya mempunyai satu konstruktor, kelas boleh mempunyai lebih dari satu konstruktor, termasuk konstruktor yang tanpa argumen. Kalau sebuah kelas mempunyai lebih dari satu konstruktor, berarti dia juga bersifat overloading.
Melewatkan informasi ke sebuah Method atau Konstruktor
Deklarasi untuk sebuah method atau sebuah konstruktor mendeklarasikan jumlah dan tipe argumen untuk method atau konstruktor tersebut.

Tipe parameter

Kita dapat menggunakan beberapa tipe data untuk sebuah parameter dari sebuah method atau konstruktor. Ini termasuk tipe data primitif, seperti double, float, dan integer,.

Jumlah argumen yang sembarang

Kita dapat menggunakan sebuah konstruksi yang disebut varargs untuk melewatkan sejumlah sembarang nilai dke method. Kita menggunakan varargs ketika kita tidak tahu berapa banyak dari tipe tertentu argumen yang dilewatkan dalam method. Ini adalah shortcut untuk menciptakan sebuah larik secara manual (method sebelumnya dapat menggunakan varargs daripada sebuah larik)

Dalam sebuah method instance atau konstruktor, this adalah sebuah referensi ke obyek yang sekarang, yaitu obyek dimana method atau konstruktor dipanggil. Kita dapat mereferensi ke beberapa member dari obyek sekarang dari dalam sebuah method instance atau konstruktor dengan menggunakan kata kunci this.
B.     PEMBAHASAN
Pelaksanaan Praktikum
1.      Buka program TexPed, dengan cara Pilih Start àProgramàIcon.
2.      Setelah mengetik program, kita simpan dengan cara pilih sub menu File dan pilih save untuk menyimpan program, program harus disimpan sesuai dengan nama class-nya yaitu Panjang.
·         class PersegiPanjang,// nama class PersegiPanjang.
kelas PersegiPanjang mempunyai dua atribut
·         public int panjang; // atribut 1 interger panjang
·         public int lebar;   // atribut 2 interger panjang
·         public void setPanjang(int nilaiBaru) // method panjang dg interger nilaiBaru
·         panjang = nilaiBaru;// panjang masuk dengan nilai baru
·         public void setLebar(int nilaiBaru) // method labar dg interger nilaiBaru
·         lebar = nilaiBaru;// lebar masuk  dengan nilai baru
·         public int hitungLuas() // method hitung luas
·         return panjang*lebar;// hitung luas dengan rumus : panjang x lebar
·         public int hitungKeliling() // method hitung keliling
·         return 2*(panjang+lebar); // hitung keliling dengan rumus panjang+lebar x 2
·         public class Panjang{  // nama kelas panjang dan program java harus disimpan dengan nama Panjang, karena nama kelasnya (public class)
·         public static void main(String[] args) // fungsi utama dalam java
·         PersegiPanjang PP = new PersegiPanjang(); // deklarasi utk menentukan obyek
·         PP.setLebar(3); // parameter aktual 3 di bawa ke lebar(nilai baru)
·         PP.setPanjang(4); // parameter aktual 4 di bawa ke panjang (nilai baru)
·         System.out.println("Luas     = " + PP.hitungLuas()); // dipanggil dengan objek PP, sehingga luas memanggil deng  method PP
·         System.out.println("Keliling= " + PP.hitungKeliling());// dipanggil dengan objek PP, sehingga keliling memanggil deng  method PP.
3.      Setelah program disimpan, pilih sub menu Tools® External Tools® Compile Java. Atau menekan tombol keyboard (Ctrl+1).maka  akan muncul tampilan Tool completed successfully.maka akan muncul hasil output :









LATIHAN
Latihan 1
1.      Buka program TexPed, dengan cara Pilih Start àProgramàIcon.
2.      Setelah mengetik program, kita simpan dengan cara pilih sub menu File dan pilih save untuk menyimpan program, program harus disimpan sesuai dengan nama class-nya yaitu PenentuMetode.
·         class Lingkaran,// nama class Lingkaran.
·         private double radius;//program menggunakan tipe double.
·         void IsiJari(double radius)// isi jari dengan tipe double .
·         this.radius=radius; // radius adalah radius.
·         public double perolehPi()// peroleh Pi dengan tipe double.
·         return 3.14;// pi yaitu 3,14.
·         public double perolehKeliling()//  mencari keliling dengan tipe double.
·         return 2 * perolehPi() * radius;// rumus keliling adl 2x pi(3,14)xradius.
·         public class PenentuMetode{/ nama kelas yaitu PenentuMetode dan program java harus disimpan dengan nama PenentuMetode, karena nama kelasnya (public class).
·         public static void main(String[] args)// fungsi utama dalam java.
·         Lingkaran bulatan = new Lingkaran();// lingkaran bulatan, new lingkaran.
·         bulatan.IsiJari(75);// isi jari (radius) yaitu 75.
·         System.out.println("Keliling = " + bulatan.perolehKeliling());// cetak hasil  Keliling.
·         System.out.println("pi = " + bulatan.perolehPi());//cetak pi yaitu 3.14.

3.      Setelah program disimpan, pilih sub menu Tools® External Tools® Compile Java. Atau menekan tombol keyboard (Ctrl+1).maka  akan muncul tampilan Tool completed successfully.maka akan muncul hasil output :





Latihan 2
1.      Buka program TexPed, dengan cara Pilih Start àProgramàIcon.
2.      Setelah mengetik program, kita simpan dengan cara pilih sub menu File dan pilih save untuk menyimpan program, program harus disimpan sesuai dengan nama class-nya yaitu PenentuMetode.
·         class Lingkaran,// nama class Lingkaran.
·         private double radius; //program menggunakan tipe double.
·         void IsiJari(double radius) // isi jari dengan tipe double
·          this.radius=radius; // radius adalah radius.
·         return 3.14;// // pi yaitu 3,14.
·         public double perolehKeliling()// mencari keliling dengan tipe double.
·         return 2 * perolehPi() * radius;// rumus keliling adl 2x pi(3,14)x radius.
·         public double perolehLuas()// mencari luas dengan tipe double.
·         return  perolehPi() * radius* radius; ;// rumus luas adl pi(3,14)x radius x radius.
·         public class PenentuMetode{/ nama kelas yaitu PenentuMetode dan program java harus disimpan dengan nama PenentuMetode, karena nama kelasnya (public class).
·         public static void main(String[] args)// fungsi utama dalam java.
·         Lingkaran bulatan = new Lingkaran();// lingkaran bulatan, new lingkaran.
·         bulatan.IsiJari(75);// isi jari (radius) yaitu 75.
·         System.out.println("Keliling = " + bulatan.perolehKeliling());// cetak hasil  Keliling.
·         System.out.println("pi = " + bulatan.perolehPi());//cetak pi yaitu 3.14.
System.out.println("Luas = " + bulatan.perolehLuas());// cetak hasil luas.
3.      Setelah program disimpan, pilih sub menu Tools® External Tools® Compile Java. Atau menekan tombol keyboard (Ctrl+1).maka  akan muncul tampilan Tool completed successfully.maka akan muncul hasil output :







C.    TUGAS
import java.util.Scanner;
class BangunRuang1
{
            Scanner masuk =new Scanner(System.in);
            public int panjang;
            public int lebar;
            public int tinggi;
            public void setPanjang()
            {
                        panjang=masuk.nextInt();
            }
            public void setLebar()
            {
                        lebar=masuk.nextInt();
            }
            public void setTinggi()
            {
                        tinggi=masuk.nextInt();
            }
            public int hitungVolume()
            {
                        return panjang*lebar*tinggi;
            }
            public void setKeterangan()
            {
                        if ((panjang==lebar)&&(lebar==tinggi))
                        System.out.println("\nKeterangan\t= Kubus\n");
                        else
                        System.out.println("\nKeterangan\t= Balok\n");
            }
}
public class BangunRuang2
{
            public static void main(String [] args)
            {
                        System.out.println("==========================================================");
                        System.out.println("\t\tMENGHITUNG VOLUME BANGUN RUANG");
                        System.out.println("==========================================================");
                        BangunRuang1 br = new BangunRuang1();
                        for(int u=1;u<=2;u++)
                        {
                        System.out.println("");
                        System.out.print("Masukkan Lebar\t= ");
                        br.setLebar();
                        System.out.print("Masukkan Panjang= ");
                        br.setPanjang();
                        System.out.print("Masukkan Tinggi\t= ");
                        br.setTinggi();
System.out.print("\nVolume\t\t= "+br.hitungVolume());
                        br.setKeterangan();
System.out.println("==========================================================");
                        }
            }
}
HASIL OUTPUT :

D.    KESIMPULAN
            Dalam Prektikum 15 ini dapat  disimpulkan bahwa di dalam kelas dan obyek 1 ini di dalam membuat sebuah program java kita dapat menambah kealas dan obyek kedalam program tersebut.
E.     LISTING
Terlampir di belakang.

Related Posts:

0 komentar:

Posting Komentar