A. DASAR
TEORI
Kelas dalam java bisa dianalogikan dalam kehidupan
sehari-hari sebagai sebuah kelompok yang mempunyai sifat dan tingkah laku yang
serupa atau secara umum serupa. Kelompok di sini dapat kelompok benda maupun makluk
hidup. Misal orang, mobil, motor, sepeda, ayam, kucing, bunga.
a. Mendeklarasikan sebuah kelas
Pada
bagian ini, kita akan membahas kelas secara luas. Termasuk atribut-atribut dan
segala yang berkaitan dengan kelas yang ada di dalamnya. Mari kita perhatikan
definisi kelas berikut.
class KelasKu {
//deklarasi field, konstruktor dan method
}
Itu
adalah sebuah deklarasi kelas dengan nama KelasKu. Deklarasi ini sudah sering
kita buat sebelumnya dengan menambah kata kunci public diawalnya. Isi dari kelas
(daerah antara dua tkita kurung kurawal) berisi semua kode yang disediakan
untuk obyek yang diciptakan dari kelas, yaitu konstruktor untuk inisialisasi
obyek baru, deklarasi field yang menetapkan keadaan kelas dan obyeknya dan
method untuk mengimplementasikan lingkungan dari kelas dan obyeknya.
Secara umum,
deklarasi kelas dapat termasuk komponen-komponen
1.
Modifier
seperti public, private dan modifier
yang lain yang akan kita bicarakan kemudian.
2.
Nama kelas, dengan diawali huruf besar sebagai kesepakatan.
3.
Nama dari induk kelasnya (superclass), jika ada, diawali dengan kata kunci extends. Sebuah
kelas hanya boleh mempunyai satu induk
4.
Daftar interface (dipisahkan dengan tkita koma) yang akan
diimplementasikan dalam kelas, jika ada, diawali dengan kata kunci implements. Sebuah kelas boleh
mengimplementasikanlebih dari satu interface
5.
Isi dari kelas yang diawali dan diakhiri dengan tanda
kurung kurawal buka dan tutup { }
Bagian yang tidak kalah pentingnya adalah deklarasi variabel anggota. Ada
beberapa macam variabel yang ada di bagian ini.
·
Variabel anggota dalam sebuah kelas – ini disebut fields. Fields ini terletak di luar method.
Dan bisa diakses dai method dengan menggunakan referensi ke kelas yang memiliki
field tersebut (dengan memperhatikan aturan akses modifier)
·
Variabel dalam sebuah method atau blok kode – ini disebut
variabel lokal. Variabel ini biasanya
hanya digunakan selama method itu dikerjakan. Sehingga tidak perlu diakses dari
luar method. Bahkan variabel yang ada di dalam blok bisa diakses dari blok itu
saja.
·
Variabel dalam deklarasi method – ini disebut parameter.
Parameter sudah pernah dibahas panjang lebar pada bagian sub program
Deklarasi field
terdiri dari 3 komponen
- Tidak ada atau ada modifier, seperti public atau private. Sebenarnya dengan tanpa menuliskan modifier, maka kita membuat deklarasi field tersebut sebagai default.
- Tipe field. Pada perkembangan pembahasan selanjutnya, tipe ini bisa saja bukan hanya tipe sederhana tetapi tipe yang kompleks.
- Nama field. Dalam pembuatan nama, aturan penamaan harus diikuti. Dan sangat dianjurkan untuk menggunakan huruf kecil sebagai huruf pertama.
Akses Modifier
Modifier pertama (paling kiri) yang digunakan menyebabkan kita bisa
mengontrol apakah kelas-kelas lain mempunyai akses ke field anggota. Kita akan
memfokuskan pada pembahasan public dan private saja, modifier yang lain akan
dibicarakan lebih lanjut pada pembahasan mengenai pemrograman berorientasi
obyek.
Modifier public
— field ini bisa
diakses dari semua kelas. Modifier
private
—field ini hanya bisa diakses dalam kelas itu sendiri. Tipe dan Nama Variabel
Semua variabel harus mempunyai tipe. Kita bisa menggunakan tipe primitif seperti int, float, boolean dan lain-lain. Atau kita bisa menggunakan tipe referensi seperti larik, string atau bahkan obyek sekalipun.
Semua variabel, apakah itu field-field, variabel lokal atau parameter mengikuti aturan penamaan yang sama dengan kesepakatan yang berlaku tentang penamaan variabel
Aturan dan konvensi
penamaan yang sama digunakan untuk method, nama kelas, kecuali
Huruf pertama
nama kelas harus kapital dan
Kata pertama
(atau hanya) dalam nama method harus kata kerja.
Menyediakan Konstruktor untuk
kelas-kelas
Sebuah kelas berisi konstruktor yang dilibatkan untuk menciptakan obyek
dari desain kelas. Deklarasi konstruktor nampak seperti deklarasi method –
kecuali bahwa konstruktor menggunakan nama yang sama dengan nama kelas dan
tidak mempunyai tipe kembalian. Sebagai contoh, PersegiPanjang mempunyai satu
konstruktor
public PersegiPanjang(int panjangAwal, int lebarAwal) {
panjang = panjangAwal;
lebar = lebarAwal;
}
Untuk menciptakan sebuah obyek PersegiPanjang baru yang diberi nama
persegi, sebuah konstruktor dipanggil dengan operator new.
PersegiPanjang persegi = new PersegiPanjang(30, 8);
new PersegiPanjang(30, 8) menciptakan ruangan dalam memori untuk obyek dan
menginisialisasi fieldnya.
Meskipun
PersegiPanjang hanya mempunyai satu konstruktor, kelas boleh mempunyai lebih
dari satu konstruktor, termasuk konstruktor yang tanpa argumen. Kalau sebuah
kelas mempunyai lebih dari satu konstruktor, berarti dia juga bersifat
overloading.
Melewatkan informasi ke sebuah
Method atau Konstruktor
Deklarasi untuk sebuah method atau sebuah konstruktor mendeklarasikan
jumlah dan tipe argumen untuk method atau konstruktor tersebut.
Tipe parameter
Kita dapat menggunakan beberapa tipe data untuk sebuah parameter dari sebuah method atau konstruktor. Ini termasuk tipe data primitif, seperti double, float, dan integer,.
Jumlah argumen yang sembarang
Kita dapat menggunakan sebuah konstruksi yang disebut varargs untuk melewatkan sejumlah sembarang nilai dke method. Kita menggunakan varargs ketika kita tidak tahu berapa banyak dari tipe tertentu argumen yang dilewatkan dalam method. Ini adalah shortcut untuk menciptakan sebuah larik secara manual (method sebelumnya dapat menggunakan varargs daripada sebuah larik)
Dalam sebuah method instance atau konstruktor, this adalah sebuah referensi
ke obyek yang sekarang, yaitu obyek dimana method atau konstruktor dipanggil.
Kita dapat mereferensi ke beberapa member dari obyek sekarang dari dalam sebuah
method instance atau konstruktor dengan menggunakan kata kunci this.
B. PEMBAHASAN
Pelaksanaan Praktikum
1.
Buka program
TexPed, dengan cara Pilih Start àProgramàIcon.
2.
Setelah
mengetik program, kita simpan dengan cara pilih sub menu File dan pilih save
untuk menyimpan program, program harus disimpan sesuai dengan nama class-nya
yaitu Panjang.
·
class
PersegiPanjang,// nama class PersegiPanjang.
kelas PersegiPanjang mempunyai dua
atribut
·
public int
panjang; // atribut 1 interger panjang
·
public int
lebar; //
atribut 2 interger panjang
·
public void setPanjang(int
nilaiBaru) // method panjang dg interger nilaiBaru
·
panjang =
nilaiBaru;// panjang masuk dengan nilai baru
·
public void setLebar(int
nilaiBaru) // method labar dg interger nilaiBaru
·
lebar = nilaiBaru;// lebar
masuk dengan nilai baru
·
public int hitungLuas() // method hitung luas
·
return panjang*lebar;// hitung
luas dengan rumus : panjang x lebar
·
public int hitungKeliling() //
method hitung keliling
·
return 2*(panjang+lebar); //
hitung keliling dengan rumus panjang+lebar x 2
·
public class Panjang{ // nama
kelas panjang dan program java harus disimpan dengan
nama Panjang, karena nama kelasnya
(public class)
·
public static void
main(String[] args) // fungsi utama dalam java
·
PersegiPanjang PP = new
PersegiPanjang(); // deklarasi utk
menentukan obyek
·
PP.setLebar(3); // parameter aktual 3 di bawa ke lebar(nilai
baru)
·
PP.setPanjang(4); // parameter aktual 4 di bawa ke panjang (nilai baru)
·
System.out.println("Luas = " + PP.hitungLuas()); // dipanggil dengan objek PP, sehingga luas
memanggil deng method PP
·
System.out.println("Keliling=
" + PP.hitungKeliling());//
dipanggil dengan objek PP, sehingga keliling memanggil deng
method PP.
3.
Setelah
program disimpan, pilih sub menu Tools® External Tools® Compile Java. Atau menekan tombol keyboard (Ctrl+1).maka akan muncul tampilan Tool completed successfully.maka
akan muncul hasil output :

LATIHAN
Latihan 1
1.
Buka program
TexPed, dengan cara Pilih Start àProgramàIcon.
2.
Setelah
mengetik program, kita simpan dengan cara pilih sub menu File dan pilih save
untuk menyimpan program, program harus disimpan sesuai dengan nama class-nya
yaitu PenentuMetode.
·
class
Lingkaran,// nama class Lingkaran.
·
private
double radius;//program menggunakan tipe double.
·
void
IsiJari(double radius)// isi jari dengan tipe double .
·
this.radius=radius; // radius adalah radius.
·
public double
perolehPi()// peroleh Pi dengan tipe double.
·
return 3.14;// pi yaitu 3,14.
·
public double
perolehKeliling()//
mencari keliling dengan tipe double.
·
return 2 *
perolehPi() * radius;// rumus keliling adl 2x
pi(3,14)xradius.
·
public class
PenentuMetode{/ nama kelas yaitu PenentuMetode dan
program java harus disimpan dengan nama PenentuMetode,
karena nama kelasnya (public class).
·
public static
void main(String[] args)// fungsi utama dalam java.
·
Lingkaran
bulatan = new Lingkaran();// lingkaran bulatan, new lingkaran.
·
bulatan.IsiJari(75);// isi jari (radius) yaitu 75.
·
System.out.println("Keliling
= " + bulatan.perolehKeliling());// cetak
hasil Keliling.
·
System.out.println("pi
= " + bulatan.perolehPi());//cetak pi yaitu 3.14.
3. Setelah program disimpan, pilih sub menu Tools® External Tools® Compile Java. Atau menekan tombol keyboard (Ctrl+1).maka akan muncul tampilan Tool completed successfully.maka
akan muncul hasil output :

Latihan 2
1.
Buka program
TexPed, dengan cara Pilih Start àProgramàIcon.
2.
Setelah
mengetik program, kita simpan dengan cara pilih sub menu File dan pilih save
untuk menyimpan program, program harus disimpan sesuai dengan nama class-nya
yaitu PenentuMetode.
·
class
Lingkaran,// nama class Lingkaran.
·
private
double radius; //program menggunakan tipe double.
·
void
IsiJari(double radius) // isi jari dengan tipe double
·
this.radius=radius; //
radius adalah radius.
·
return 3.14;// // pi yaitu 3,14.
·
public double
perolehKeliling()// mencari keliling dengan tipe
double.
·
return 2 *
perolehPi() * radius;// rumus keliling adl 2x pi(3,14)x
radius.
·
public double
perolehLuas()// mencari luas dengan tipe double.
·
return perolehPi() * radius* radius; ;// rumus luas adl pi(3,14)x radius x radius.
·
public class
PenentuMetode{/ nama kelas yaitu PenentuMetode dan
program java harus disimpan dengan nama PenentuMetode,
karena nama kelasnya (public class).
·
public static
void main(String[] args)// fungsi utama dalam java.
·
Lingkaran
bulatan = new Lingkaran();// lingkaran bulatan, new
lingkaran.
·
bulatan.IsiJari(75);// isi jari (radius) yaitu 75.
·
System.out.println("Keliling
= " + bulatan.perolehKeliling());// cetak
hasil Keliling.
·
System.out.println("pi
= " + bulatan.perolehPi());//cetak pi yaitu 3.14.
System.out.println("Luas = "
+ bulatan.perolehLuas());// cetak hasil luas.
3. Setelah program disimpan, pilih sub menu Tools® External Tools® Compile Java. Atau menekan tombol keyboard (Ctrl+1).maka akan muncul tampilan Tool completed successfully.maka
akan muncul hasil output :

C. TUGAS
import java.util.Scanner;
class BangunRuang1
{
Scanner masuk =new Scanner(System.in);
public int panjang;
public int lebar;
public int tinggi;
public void setPanjang()
{
panjang=masuk.nextInt();
}
public void setLebar()
{
lebar=masuk.nextInt();
}
public void setTinggi()
{
tinggi=masuk.nextInt();
}
public int hitungVolume()
{
return panjang*lebar*tinggi;
}
public void setKeterangan()
{
if
((panjang==lebar)&&(lebar==tinggi))
System.out.println("\nKeterangan\t=
Kubus\n");
else
System.out.println("\nKeterangan\t=
Balok\n");
}
}
public class BangunRuang2
{
public static void main(String [] args)
{
System.out.println("==========================================================");
System.out.println("\t\tMENGHITUNG
VOLUME BANGUN RUANG");
System.out.println("==========================================================");
BangunRuang1 br = new BangunRuang1();
for(int u=1;u<=2;u++)
{
System.out.println("");
System.out.print("Masukkan Lebar\t=
");
br.setLebar();
System.out.print("Masukkan Panjang=
");
br.setPanjang();
System.out.print("Masukkan Tinggi\t=
");
br.setTinggi();
System.out.print("\nVolume\t\t=
"+br.hitungVolume());
br.setKeterangan();
System.out.println("==========================================================");
}
}
}
HASIL OUTPUT : 

D. KESIMPULAN
Dalam Prektikum 15 ini dapat disimpulkan bahwa di dalam kelas dan obyek 1
ini di dalam membuat sebuah program java kita dapat menambah kealas dan obyek
kedalam program tersebut.
E. LISTING
Terlampir di belakang.
0 komentar:
Posting Komentar