11/07/2012

Larik Multi Dimensi


MODUL 14
ARRAY / LARIK MULTI DIMENSI

A.   DASAR TEORI
Kita juga bisa membuat variabel larik yang tipe elemennya adalah larik. Dengan cara demikian, kita membuat larik dua dimensi. Dengan larik dua dimensi, maka kita mempunyai elemen yang berindeks tidak hanya satu, tetapi dua. Kita bisa membayangkan larik dua dimensi tersebut seperti sebuah tabel yang berisi baris dan kolom. Penyebutan sel tabel selalu diikuti dengan penyebutan baris berapa dan kolom berapa.
Contoh :

Diberikan data kelulusan mahasiswa sebuah perguruan tinggi sebagai berikut.
Jurusan
2006
2007
2008
Teknik Informatika
110
125
135
Sistem Informasi
56
75
80



      int data_lulus [2] [3]

0

1
 
TI

SI
 




                                0             1           2













 


                              2006     2007    2008
[0] [0]
[0] [1]
[0] [2]
[1] [0]
[1] [1]
[1] [2]
B.   PEMBAHASAN
1.      Pelaksanaan Praktikum
public class ArrayDimensiDua // nama kelas yaitu ArrayDimensiDua
{
            public static void main(String [] args) // program utama
            {
            int [][] piksel = new int[2][3]; // 2 ==baris, 3=kolom
                                                // mengisi elemen tertentu
            piksel[0][0] = 70;         // baris 0,kolom 0 bernilai 70
            piksel[0][1] = 18;         // baris 0,kolom 1 bernilai 18
            piksel[0][2] = 45;         // baris 0,kolom 2 bernilai 45
            piksel[1][0] = 75;          // baris 1,kolom 0 bernilai 75
            piksel[1][1] = 66;         // baris 1,kolom 1 bernilai 66
            piksel[1][2] = 89;         // baris 1,kolom 2 bernilai 89
            //menampilkan elemen array
            int i,j;                           // variabel i dan j bertipe integer
            for(i=0;i<2;i++){         // untuk melakukan perulangan
                        for (j=0; j<3;j++) //dalam for ada perulangan lagi
                        System.out.print(piksel[i][j] +" "); //cetak piksel dengan variable I dan j
                        System.out.println(""); // cetak “ “
            }
            }
}
Maka hasil output dari program di atas:

2.      Latihan
Latihan 1
import java.util.Scanner;            // fungsi untuk memasukan input dari keyboard          
public class ArrayDimensiDua2{ // nama kelas yaitu ArrayDimensiDua2
public static void main(String args[]){ // fungsi utama dalam java
     Scanner masuk = new Scanner(System.in); // scanner masuk, untuk memasukan esa                                                                                input dari keyboard
     int nilai[][]= new int[2][3];    //deklarasi array 2 baris, 3 kolom
     System.out.println("Masukkan data nilai"); //cetak Masukkan data nilai
                        for (int i = 0; i < 2; i++)   //var i nilai Awal 0, var i kurang dari 2, j ++
     {
              for (int j = 0; j < 3; j++){   //dalam for ada for lagi yaitu var i nilai Awal 0, var i kurang das                                                     dari 3, j ++

       System.out.print("("+ (i + 1 )+" , "+ (j+1) +")"+ " : "); // cetak var i + 1,bil + 1
         nilai[i][j]=masuk.nextInt(); // nilai  variable i, j masuk bertipe interger
       }
     }

     System.out.println("Data nilai yang dimasukan"); // cetak Data nilai yang we      edsdsd                                                                                      dimasukan
     for (int i = 0; i < 2; i++){   //  fungsi for dgn i=0, I kurang dari 2, I ++, dg i bertipe eeded                                                   interger
                 for (int j = 0; j < 3; j++)    // dalam for ada for lagi yaitu var i nilai Awal 0, ew                                                                  var i kurang   dari 3, j ++
                             System.out.print(nilai[i][j]+" ");  // cetak var i + 1,bil + 1
                             System.out.println();}    // cetak
}
}
Maka hasil output dari program di atas:






Latihan 2
            import java.util.Scanner;  // fungsi untuk memasukan input dari keyboard
public class JumlahMatriks{ // nama kelas yaitu JumlahMatriks
            Scanner masuk = new Scanner(System.in);  // scanner masuk, untuk memasukan    esa      yrrtr                                                                  input dari keyboard
            public void masukData(float data[][]){ // masuk data float  variable dari ke keyboard
                        for (int i = 0; i < 3; i++){ // fungsi for i = 0, i kurang dri 3, i++,dg i bertipe int
                        for (int j = 0; j < 3; j++){ // fungsi for j = 0, j kurang dri 3, j++,dg j bertipe int
System.out.print( "("+(i + 1 )+" , "+ (j+1)+")" // cetak piksel dengan variable I dan j
+ " : ");
            data[i][j]=masuk.nextFloat();//masukkan dari keyboard
                                    }
                        }
            }

            public float[][] tambah(float AA[][],
            float BB[] []){
                        float hasil[][]= new float[3][3];
                        for (int i = 0; i < 3; i++) // fungsi for i = 0, i kurang dri 3, i++,dg i bertipe int
                        for (int j = 0; j < 3; j++) // fungsi for j = 0, j kurang dri 3, j++,dg j bertipe int
                                    hasil[i][j] = AA[i][j] + BB[i][j]; // adalah penjumlahan elemen matrik ss       dfdf                                                                          yang berkesesuaian,indek nya dijumlah kan,

                        return hasil;  // merupakan method tambah
            }

public void tampilData(float data[][], char nama){
                        for (int i=0;i<3;i++){
                                    for (int j=0;j<3;j++)
            System.out.print(nama+"["+ (i + 1 )
            +"] ["+ (j+1) + "] = " + data[i][j]+"  ");
                                    System.out.println();  //method tampil data
                        }
            }

            public static void main(String args[]){
                        float A[][] = new float[3][3]; //var a dgn tipe data float,3 baris dan 3 kolom
                        float B[][] = new float[3][3]; // var b dgn tipe data float,3 baris dan 3 kolom
                        float C[][] = new float[3][3]; // var c dgn tipe data float,3 baris dan 3 kolom
                        JumlahMatriks jumlah = new JumlahMatriks();//membuat obyek baru dengan qwqv                                                                                ..var jumlah
System.out.println("Masukkan data matriks A");
                        jumlah.masukData(A);            //method masuk data A
System.out.println("Masukkan data matriks B");
                        jumlah.masukData(B);            // method masuk data B
                        C = jumlah.tambah(A,B);
                        jumlah.tampilData(C,'C');
            }
}














C.   TUGAS
import java.util.Scanner;                                                HASIL OUTPUT:
class DataMahasiswa
{
public static void main(String argss[])
{
String[][] data=new String[11][4];
for(int i=1; i<=10; i++)
{
System.out.println("Masukan data ke-" +i);
for(int j=1; j<=3; j++)
{
if (j==1)
{
System.out.print("Masukan No Mhs : ");
data[i][j]=new Scanner(System.in).next();
}
else if(j==2)
{
System.out.print("Masukan Nama : ");
data[i][j]=new Scanner(System.in).next();
}
else if(j==3)
{
System.out.print("Masukan jurusan : ");
data[i][j]=new Scanner(System.in).next();
}
}
}

for(int i=1; i<=10; i++)
{
for(int j=1; j<=3; j++)
{
System.out.print(data[i][j]+" ");
}
System.out.println("");
}
}
}


D.   KESIMPULAN
Dalam praktikum modul 14 dapat disimpulkan dengan menggunkan larik dua dimensi, program yang akan dibuat mempunyai elemen yang berindeks tidak hanya satu melaikan dua. Larik dua dimensi menyerupai table berisi baris dan kolom. Dan barik / piksel dimulai dari 0 0/ piksel [0] [0] = 70 ;dst.
E.   LISTING
Terlampir di belakang


Related Posts:

  • PERNYATAAN IF MODUL 5 PERNYATAAN IF A. DASAR TEORI Pernyataan if digunakan untuk : -          Kondisi digunakan untuk menentukan pengambilan keputusan. Jika kondisi bernilai bena… Read More
  • Larik Multi Dimensi v\:* {behavior:url(#default#VML);} o\:* {behavior:url(#default#VML);} w\:* {behavior:url(#default#VML);} .shape {behavior:url(#default#VML);} MODUL 14 ARRAY / LARIK MULTI DIMENSI A.   DASAR TEORI Kita… Read More
  • Kelas Dan Obyek II v\:* {behavior:url(#default#VML);} o\:* {behavior:url(#default#VML);} w\:* {behavior:url(#default#VML);} .shape {behavior:url(#default#VML);} MODUL 16 KELAS DAN OBYEK II A.    DASAR TEORI Seb… Read More
  • PEMROGRAMAN DENGAN JAVA LAPORAN PRAKTIKUM ALGORITMA DAN PEMROGRAMAN MODUL II DISUSUN OLEH NIM          : 115410138 Nama      : Hermawan SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN D… Read More
  • SEKUENSI   MODUL VI SEKUENSI a. DASAR TEORI   Sekuensi adalah pemrograman sederhana yang hanya dapat memecahkan masalah-masalah yang sederhana.         b.  Pembahasa… Read More

0 komentar:

Posting Komentar